Inovatif, Sesosok Camat Balongan Implementasikan Lahan Terbatas Untuk Urban Farming

Indramayu, bring-ka.com – Camat Balongan, Opik Hidayat memanfaatkan lahan pekarangan Rumah yang terbatas untuk menanam berbagai tanaman seperti cabai, cabai rawit, tomat, Mangga, Buah Blimbing, Terong, Pete dan Kolam Ikan, sesuai Program Puspa Bupati Indramayu.

Hal ini menjadi salah satu penggerak yang kreatif dan inovatif bagi sosok Opik Hidayat yang mampu mengimplementasikan di lahan yang tidak terlalu luas, dengan memanfaatkan barang bekas dan limbah plastik, minimal untuk kebutuhan sendiri bisa tercukupi.

Opik menuturkan meski berada pada lahan terbatas, pekarangan dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan keluarga serta untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga pun dapat terpenuhi dengan mengoptimalkan fungsi pekarangan.

‚ÄúSalah satu fungsi pekarangan adalah sumber bahan pangan, ada sayuran, buah-buahan, bahan obat tradisional, rempah, dan bumbu masak. Terbukti Program Puspa Bupati, sebagai pusat pangan bisa diimplementasikan di pekarangan rumah degan memanfaatkan barang bekas dan limbah plastik,” Ujarnya kepada Awak Media, Sabtu (16/09/2023).

Lebih lanjut Camat Balongan menjelaskan, pekarangan memiliki beragam fungsi di antaranya untuk menjalankan berbagai kegiatan sosial, budaya, dan ekonomi. Pekarangan pun memiliki fungsi estetika, seperti ditanami tanaman hias. Secara ekologi, pekarangan juga memberikan layanan ekosistem, seperti menyediakan udara bersih, menahan erosi tanah, menjaga sistem hidrologi, serta seringkali didatangi hewan liar seperti serangga dan burung.

Melalui konsep pertanian urban (urban farming), berkebun dapat diintergrasikan dengan kegiatan perikanan dan peternakan pada lahan terbatas. Gizi keluarga pun dapat terpenuhi, Sambungnya.

Ketahanan pangan merupakan wujud nyata dari 10 program unggulan Bupati Indramayu untuk menata lingkungan agar menjadi bermanfaat.

Sesuai surat edaran Bupati Indramayu Hj Nina Agustina Tentang Ketahanan Pangan, agar dapat memanfaatkan lahan pekarangan Rumah dan sekitar kantor untuk menanam tanaman pangan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas dan pemanfaatan pangan untuk rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman.

Upaya tersebut merupakan salah satu untuk menjaga ketahanan pangan di masyarakat demi mewujudkan Indramayu Bermartabat. (Lukman)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *