Babinsa 1605 Melaksanakan Kegiatan Pendampingan Penilaian Lomba Satuan Poskamling

Indramayu, bring-ka.com – Sertu Kandeg Irwanto Babinsa Koramil 1605/Sukagumiwang jajaran Kodim 0616/Indramayu melaksanakan penilaian Lomba Pos Kamling tingkat Desa se-Kecamatan Sukagumiwang, Rabu (16/08/2023).

Lomba Pos Kamling tersebut diadakan untuk memberikan semangat serta lebih menggiatkan keberadaan dan pelaksanaan serta tugas fungsi Pos Kamling.

“Ada beberapa aspek dan kriteria penilaian lomba Siskamling tersebut, antara lain administrasi kekayaan siskamling, kesiapsiagaan alat kamling, kelengkapan prasarana yang menunjang yakni kentongan, tongkat, borgol, pemadam kebakaran, senter, kotak P3K, gambar presiden dan wakil presiden, lambang negara, jam dinding serta kesiapan anggota Pos Kamling,” kata Sertu Kandeg Irwanto.

Tim berharap dengan diadakannya lomba Pos Kamling tersebut masyarakat bisa lebih memahami pentingnya menjaga keamanan lingkungan. Selain itu, juga dapat meningkatkan dan menggiatkan kembali siskamling di tiap-tiap lingkungan dalam upaya meningkatkan rasa tentram, aman, dan tertib di lingkungan masyarakat.

“Kegiatan penilaian ini merupakan kegiatan sosial kemasyarakatan, kebersamaan dan gotong royong dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kamtibmas terjaga. Salah satu manfaat Pos Kamling sangat membantu jika ada hal mendesak dapat segera ditangani dengan baik dan cepat,” katanya lagi.

Selain itu, dalam upaya meningkatkan aksesibilitas pelayanan Babinsa kepada masyarakat, Babinsa  juga mensosialisasikan nomor telepon Babinsa dan laporan pengaduan masyarakat melalui nomor call center Kodam III/ Siliwangi yang terpasang di satuan- satuan jajaran Kodim 0616/Indramayu. kepada warga Binaannya. Hal ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam menghubungi aparat TNI jika membutuhkan bantuan atau informasi terkait Kamtibmas.

Ditegaskan, sebagai ujung tombak satuan teritorial di lapangan, aparat Babinsa terus membangun secara kekeluargaan tali silaturahmi dan kerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat, untuk dapat mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat guna menciptakan keamanan dalam kegiatan sekecil apa pun.

“Ini adalah wujud nyata tugas pokok Babinsa dalam melaksanakaan Komsos dengan warga binaan, sehingga terjalin silaturahmi yang baik antar Babinsa dengan warga dan tentunya yang diharapkan adalah informasi tentang perkembangan situasi di wilayah bisa didapat dari warga, sehingga¬† temu cepat & lapor cepat dapat terlaksana dengan baik,” tutup Sertu Kandeg Irwanto. (Heri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *